Expand

Fakta atau mitos ??

1. Shisha lebih aman daripada merokok biasa
Shisha lebih aman daripada merokok biasa karena asap shisha ini disaring melalui air sebelum dihirup. Tetapi penelitian baru telah menemukan bahwa perokok shisha lebih banyak menghirup nikotin daripada perokok biasa karena volume yang dihirup dalam shisha lebih besar. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terakhir, penggunaan shisha selama satu jam sama dengan menghisap 100-200 kali volume dari satu batang rokok biasa.
2. Shisha tidak dapat dikatakan lebih sehat daripada merokok biasa karena asap yang dihasilkan shisha dan rokok biasa sama-sama berbahaya dimana asap shisha dihasilkan dari pemanasan tembakau di dalam suatu wadah yang dibakar dengan menggunakan arang. Sedangkan asap rokok biasa berasal dari pembakaran tembakau. Produk akhir adalah sama-sama asap yang bersifat karsinogen.
3. Menghirup asap shisha tidak membakar paru-paru sehingga sehat.
Asap shisha memang tidak membakar shisha ketika dihirup karena didinginkan melalui air yang berada di dasar hookah. Meskipun asapnya telah didinginkan, tetapi masih mengandung zat-zat yang bersifat karsinogen dan asap ini menyebabkan tidak sehat.
4. Shisha tidak menimbulkan sifat adiktif seperti pada rokok biasa
Pernyataan di atas salah karena shisha maupun rokok biasa sama-sama mengandung nikotin (Anonim e, 2011).

Leave a Reply