Expand

Information Technology

Teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dan teknologi komunikasi dimana teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer dan teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.
Dan perlu kita ketahui yaitu teknologi informasi dikelompok menjadi 6 teknologi yakni 
1.Teknologi komunuikasi, 
2.Teknologi masukan, 
3.Teknologi keluaran, 
4.Perangkat lunak, 
5.Penyimpanan dan 
6.Mesin pemroses.
 Dan dalam computer dikenal juga perangkat lunak dan perangkat keras dimana perangkat lunak atau program adalah instruksi Yng digunakan untuk mengen dalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Sedangkan hardware atau perangkat keras adalah mencakup segala peralatan fisik yang dipakai dalam system TI (teknologi informasi) dan brainware adalah pemakai, pemelihara, dan pembuat system TI. 

Pengklasifikasian system TI yaitu

I. Menurut fungsi sistemnya ada 3 yaitu :
a. system TI yang melekat,
b. system TI yang khusus,
c. system TI serbaguna.

II. Menurut ukuran yang dimaksud disini bukanlah ukuran secara fisik melainkan ukuran informasi yang dapat ditampung kemampuan system yang ditawarkan, kecepatan pemroses dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan system secara bersamaan. 

III. Klien server (client server ) dpat diartikan secara umum bahwa sebuah computer yang menyimpan data atau program yang dapat diambil oleh computer-computer lain atau menyediakan peranti seperti CD-ROM drive atau printer yang dapat digunakan oleh computer – computer lain.
Peranan teknologi informasi 
Kita semua tau bahwa peranan TI telah memasuki kesegala bidang dan keberbagai lapisan masyarakat seperti: 

TI dalam dunia perbankan, TI sangat bermanfaat bagi dunia perbankan seperti kehadiran system online dari tekhnologi computer sangat memudahkan nasabah mengambil uang dari kantor cabang yang sama dimana saja, seperti adanya mesin ATM, pihak telepon dan bukan hanya itu system internet juga diterapakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan teransaksi.

TI dalam dunia pendidikan, TI dapat menyajikan system pengajaran berbasis multimedia yang sangat menarik dan tidak monoton selain itu juga TI juga menyediakan edutainment dan tekhnologi internet juga berperan dalam menciptakan e-learning (pendidikan jarak jauh) TI dalam dunia medis, TI sangat bermanfaat bagi dunia medis karena TI sangat membantu dalam hal rekaman medis secara elektronik bagi pengunjung dan TI juga diterapkan pada peralatan-peralatan seperti CT scan dan lain-lain.
Teknologi Informasi

TI untuk kepolisian, pemnfaatan TI dalam kepolosian yaitu untuk membuat SIM dan teknologi pengenalan wajah untuk melacak para pelaku criminal. 
TI untuk perdagangan elektronik, TI sangat membantu dalam hal pemasaran dan transaksi seperti suatu organisasi atau perorangan yang mempromosikan penjualan buku secara online.

TI untuk perancangan produk, dalam perancangan produk dengan TI telah umum dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak CATIA ( Computer- Aided Three-Dimensional Interctive Aplication) digunakan dalam perancangan mobil dan pesawat, bukan hanya itu TI juga digunakan untuk merancang rumah misalnya 3D Home architect (Broderbund software, inc).

Leave a Reply